Selasa, 05 Juli 2011

Profil Badan Pengelola Ecokabojaya

Melihat banyaknya potensi wisata di dusun Kabojaya, atas dorongan dan partisipasi warga untuk mengembangkan wisata dibentuklah badan pengelola dengan nama Ecokabojaya. Ecokabojaya resmi berdiri pada tahun 2010. Meski begitu inisiasi untuk mengembangkan potensi wisata di daerah tersebut sudah dilakukan mulai tahun 2009. 

Inisiasi multi pihak (PT KPC, PILI Green-Network, CIFOR, Balai TNK, Mitra Kutai) tersebut disambut baik oleh warga Kabojaya dengan membuat perencanaan partisipatif. Dimulai dengan kegiatan survey potensi alam dan daerah tujuan wisata di sekitar TNK dan di dusun Kabojaya. Analisa dan kajian pengembangan potensi Ekowisata, kegiatan ”Shared Learning” Wisata Bertanggungjawab dengan mendatangkan berbagai narasumber yang kompeten di bidangnya serta pembuatan Action Plan untuk pengembangan wisata.

Sampai saat ini Ecokabojaya beranggotakan kelompok masyarakat Kabojaya dengan sebagian besar pengurusnya dari kelompok ibu-ibu. Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman terbatas, mereka gigih berjuang untuk menuju pengelolaan wisata yang profesional dan memenuhi standar wisata pada
umumnya. 

Kekhasan dan kelebihan multipihak Ecokabojaya inilah yang merupakan semangat bersama untuk digaungkan dan bersaing dalam kancah wisata Indonesia di masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar