Kamis, 02 Juni 2011

Minuman dari yang segar hingga yang hangat

Berbagai jenis minuman yang bisa kita jumpai di paket Kuliner Ecokabojaya diantaranya merupakan minuman khas, dengan menggunakan berbagai jenis bahan trasidional dan bisa didapatkan di sekira Dusun Kabojaya. Ecokabojaya menyajikan berbagai jenis minuman, dari yang segar diminum di siang hari hingga yang menghangatkan untuk acara atau kegiatan di malam hari. 


Es Kelapa Muda
Sepertinya sudah tidak asing lagi untuk minuman es kelapa muda di seluruh pelosok nusantara Indonesia. Di Kampung Bugis, terdapat kebun kepala yang sangat luas, kita dapat menikmati sensasi minum es kelapa muda sambil duduk-duduk di bawah tegakan pohon kelapa. Dengan campuran gula putih atau gula merah, ditambahkan dengan es batu, rasanya nikmat sekali menemani terik matahari di Kabojaya


Sarabba
Minuman ini merupakan minuman hangat khas Makasar yang berkhasiat untuk mengeluarkan angin dari tubuh, dan mengobati flu. Sarabba dibuat dari bahan jahe, gula merah, santan dan sedikit merica, kuning telur ayam kampung atau telur bebek. Minuman ini paling asik diminum sambil  bercengkerama di malam hari, misalnya sambil menikmati tarian tradisional yang disajikan dalam paket wisata budaya.


Jamu tradisional
Saat ini, istilah "jamu" banyak yang membayangkan minuman yang pahit atau untuk yang sakit, apalagi anak-anak jaman sekarang, pasti lebih memilih minuman dalam kemasan. Sebagai salah satu upaya untuk melestarian minuman tradisional jamu, sebagai warisan nenek moyang kita, pilihan minuman di paket kuliner Ecokabojaya menyajikan berbagai jenis jamu-jamuan, diantaranya jahe merah, kunyit asam dan temulawak. Jahe merah nikmat dihidangkan saat hangat, sedangkan kunyit asam dan temulawak lebih nikmat dihidangkan dingin. Dengan bahan-bahan yang alami, jamu-jamuan tradisional ini banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita, terutama untuk menjaga stamina saat kita beraktivitas.

Tea Rossela
Tea yang dibuat dari bahan bunga Rossela, bunga yang berwarna merah tua dengan rasa yang sedikit asam. Tea ini nikmat diminum dalam sajian hangat atau dingin, dipadupadankan dengan berbagai kudapan nikmat ala Ecokabojaya. Cara pembuatannya dengan menyeduh 3-5 bunga rosella kering dengan air mendidih hingga larut dan air berubah menjadi merah (seperti membuat air teh). Tambahkan gula pasir sesuai selera. Mereka yang sedang berdiet, menderita batuk, atau diabetes, gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung atau gula stevia secukupnya. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar